`s Website, ,

Living Above Red Line

Red%20Line%20MIS223Apakah kehidupan keuangan anda berada di zona merah ?

Ya, banyak kita temui teman-teman kita yang secara pekerjaan terlihat mapan dari luar namun pada kenyataannya sering kali mengeluh tidak punya uang dan banyak hutang di mana-mana. Kartu kredit punya banyak, tetapi tumpukan tagihan tidak pernah terbayar penuh.

Bagaikan mobil atau motor yang dipacu dengan sangat kencang dengan RPM berada di angka-angka yang berwarna merah, begitulah gambaran gaya hidup dengan pengeluaran maksimum tanpa memikirkan akibat-akibat yang bisa ditimbulkan dalam jangka panjang.

Naik mobil atau motor yang melaju kencang memang bisa sangat menyenangkan, adrenalin bisa terpacu naik tinggi dan menimbulkan rasa puas. Tetapi jangan dilupakan bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan terus menerus. Mesin bisa menjadi over heat dan terlalu panas yang bisa menyebabkan kerusakan permanen yang tidak bisa diperbaiki lagi. Begitu pula kapasitas tangki bensin yang terbatas dimana pada akhirnya kita akan kehabisan bensin dan tidak bisa melanjutkan kesenangan kita.

Apabila gaya dan pola hidup kita selalu berfoya-foya hanya untuk memuaskan kesenangan sesaat, ingin memiliki barang-barang mewah bayar menggunakan kartu kredit, pergi pelesir keluar kota atau ke luar negeri bersama dengan teman-teman semua pengeluaran menggunakan kartu kredit baik untuk beli tiket pesawat, hotel maupun makan di restoran, gadget selalu ganti tiap kali keluar model baru lagi-lagi bayarnya pakai kartu kredit, dan yang membuat celaka adalah tagihan kartu kredit hanya dibayar minimumnya saja. Padahal bunga kartu kredit itu sangat tinggi.

Godaan yang juga cukup berbahaya adalah tawaran-tawaran melalui sms ataupun telephone dari orang-orang yang tidak jelas yang bisa memberikan solusi keuangan di saat pasokan bensin kita habis, yaitu solusi keuangan KTA alias kredit tanpa agunan dengan proses yang sangat mudah untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan ini.

Orang-orang yang selalu hidup di zona merah ini bisa dikatakan termasuk orang yang tidak memiliki kecerdasan finansial, seandainya mereka mau sedikit saja meluangkan waktu untuk melihat kenyataan dan mempelajari kondisi keuangannya niscaya mereka bisa selamat tanpa hidup terjerat hutang. Apabila masih ada di antara kita yang sedang membaca artikel ini yang hutang kartu kreditnya, mari kita selesaikan secara adat, ada banyak tips untuk bisa melunasi tagihan kartu-kartu kredit nan tak kunjung habis itu. Dan tentu saja mau tidak mau, bisa tidak bisa, kita harus segera menurunkan laju putaran mesin kita dan jangan lagi melaju di zona merah agar kenyamanan finansial yang sebenarnya bisa kita miliki, bukan kenikmatan sesaat yang berasal dari hutang.

Satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah selalu dan selalu melihat kesempatan untuk bisa menambah penghasilan, akan selalu ada peluang-peluang bisnis yang bisa kita lakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan finansial kita.

 

 

Leave a Reply