`s Website, ,

Apa Arti Uang 12 Ribu Rupiah Bagi Anda

12 ribu rupiah per hari

Apa Arti 12 Ribu Rupiah Per Hari Bagi Anda

Apa yang bisa anda lakukan dengan dua belas ribu rupiah per hari ? Bila pertanyaan ini ditujukan kepada kita, jawabannya bisa bermacam-macam:

– Bisa untuk beli ketoprak telor sepiring

– Bisa untuk ongkos naik angkot ke kantor

– Bisa untuk naik ojeg menuju rumah dari stasiun/terminal

– Bisa buat beli bensin seliter lebih dikit

– Bisa untuk bayar tol menuju kantor

– Bisa untuk pergi ke mall tapi buat bayar parkir mobil doang selama 3 jam

– Bisa untuk style tanpa batas (ingat iklan rokok tertentu, jadi beli rokok sebungkus sudah bisa bergaya tanpa batas)

Hmmm…..style tanpa batas bisa didapat dengan 12 ribu rupiah per hari tapi hanya bergaya dalam lamunan sambil merokok. Asyik juga sih terdengarnya. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya uang dua belas ribu rupiah per hari apabila anda tabung dengan cara yang cerdas di instrumen investasi yang tepat benar-benar bisa memberikan anda life style tanpa batas dalam arti yang sesungguhnya, dimana anda bisa menjadi mapan secara finansial untuk bisa menikmati khidupan masa depan anda?

Semakin dini anda bisa memulai menabung maka semakin ringan beban anda. Contoh berikut adalah ilustrasi bagaimana perbedaan dua orang yang ingin memiliki tabungan pensiun yang lumayan di usia 60 tahun. Orang pertama katakan namanya A mulai menabung di usia muda yaitu di saat dia mendapatkan gaji pertamanya, dia sisihkan sebesar Rp. 12,000,- per hari atau Rp. 350,000 per bulan (Rp. 4,200,000 per tahun). Dan dia menabung hanya selama 5 tahun pertama saja di sebuah instrumen investasi yang memberikan hasil investasi katakan rata-rata 20% per tahun. Si A ini hanya dengan menabung di 5 tahun pertama sebanyak 4,200,00 rupiah per tahun dan di tahun ke 6 sudah tidak menabung lagi, maka di usia nya yang ke 60 si A akan memiliki dana pensiun sebesar 10,68 Milyar Rupiah.

Bandingkan dengan orang ke dua, si B, yang tidak segera mulai menabung, dan di usia ke 40 baru mulai timbul kesadaran untuk menabung, maka dengan tingkat pengembalian investasi yang sama, untuk mendapatkan jumlah uang pensiun yang sama yaitu 10,68 Milyar maka si B harus menabung sebanyak 39,5 Juta rupiah per tahun mulai dari usia 40 hingga usia 60 tahun. Harus nabung segitu banyak dalam jangka 20 tahun pula. Sangat berbeda sekali jumlah yang harus ditabung untuk yang mulai menabungnya di usia lebih muda yang hanya 12 ribu rupiah per hari dan hanya 5 tahun saja dibanding dengan yang terlambat menabung.

Seorang teman yang lumayan ganteng dan berusia 24-an sebut saja namanya si Boy… beberapa hari yang lalu bercerita bahwa dia barusan patah hati karena seorang gadis yang dia harapkan untuk bisa menjadi pasangan hidupnya dengan terang-terangan berkata kepadanya bahwa karena gadis itu sudah memiliki penghasilan yang cukup maka ngapain harus memilih seorang pria yang belum mapan? Mak jleeb…. Sakitnya tuh di sini kata teman tadi dengan tampang memelas sambil memegang dadanya. Ternyata memang benar apa kata sebuah pepatah: pada akhirnya kemapanan finansial akan mengalahkan ketampanan. So, teman-teman… mulailah menabung sekarang….. sekecil apapun pasti akan jadi sesuatu yang sangat berarti bila dimulai sejak usia dini. Bukan salah anda bila anda lahir miskin, namun bila anda hidup dan mati miskin itu 100% karena kesalahan anda.

Leave a Reply